• SMA KARTIKA III-1 BANYUBIRU
  • Peduli dan Mencerdaskan

Pentingnya Pendidikan Karakter Di Sekolah

Oleh Dimas Indra Kusuma, S.Pd

Guru Bimbingan dan Konseling SMA Kartika III 1 Banyubiru

 

Menurut T. Ramli, pengertian pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengedepankan esensi dan makna terhadap moral dan akhlak sehingga hal tersebut akan mampu membentuk pribadi peserta didik yang baik.

Menurut Thomas Lickona, pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.

Menurut John W. Santrockcharacter education adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai moral dan memberi kan pelajaran kepada murid mengenai pengetahuan moral dalam upaya mencegah perilaku yang yang dilarang.

Menurut Elkind, pengertian pendidikan karakter adalah suatu metode pendidikan yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk mempengaruhi karakter murid. Dalam hal ini terlihat bahwa guru bukan hanya mengajarkan materi pelajaran tetapi juga mampu menjadi seorang teladan.

Fungsi Pendidikan Karakter

Secara umum fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter seorang peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleran, tangguh, dan berperilaku baik.

Adapun beberapa fungsi pendidikan karakter adalah sebagai berikut;

Untuk mengembangkan potensi dasar dalam diri manusia sehingga menjadi individu yang berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik.

Untuk membangun dan memperkuat perilaku masyarakat yang multikultur.

Untuk membangun dan meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam hubungan internasional.

Character education seharusnya dilakukan sejak dini, yaitu sejak masa kanak-kanak. Pendidikan ini bisa dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, serta memanfaatkan berbagai media belajar.

Pentingnya Pendidikan Karakter

Di sekolah, guru dan orang tua merupakan role model yang dapat membantu siswa dalam membangun karakter yang baik. Guru dapat memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa dan membimbing siswa untuk memahami nilai-nilai yang penting, seperti rasa hormat, kejujuran, dan tanggung jawab. Orang tua juga dapat memainkan peran yang penting dalam membantu siswa memahami pentingnya pendidikan karakter.

Selain itu, sekolah juga dapat mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk membantu siswa membangun karakter. Kegiatan ini dapat berupa kegiatan kepemudaan, kegiatan sosial, atau kegiatan belajar alam. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ini, siswa akan belajar tentang tanggung jawab, kerja tim, dan juga membangun rasa percaya diri.

Pendidikan karakter tidak hanya penting bagi individu, tetapi juga penting bagi kemajuan masyarakat. Dengan memiliki karakter yang baik, siswa akan menjadi individu yang bertanggung jawab dan bisa menjadi pemimpin yang efektif di masa depan. Mereka akan memahami pentingnya memperhatikan kepentingan orang lain dan juga memahami nilai-nilai yang dihargai oleh masyarakat.

Secara keseluruhan, pendidikan karakter merupakan aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan memperhatikan pendidikan karakter, siswa akan tumbuh menjadi individu yang memiliki moral yang baik dan tanggung jawab sosial yang tinggi, serta mampu memimpin masyarakat ke arah yang lebih baik di masa depan. Oleh karena itu, sekolah sebaiknya memberikan perhatian yang sama pentingnya pada pendidikan karakter seperti yang diberikan pada pengetahuan akademik.

Pendidikan karakter tidak hanya tanggung jawab sekolah, tetapi juga tanggung jawab orang tua dan masyarakat. Orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak-anak mereka dan memberikan dukungan yang tepat agar anak-anak dapat memahami pentingnya pendidikan karakter. Masyarakat juga harus memahami bahwa pendidikan karakter adalah salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup di masa depan.

Dengan demikian, pendidikan karakter merupakan salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan dalam proses pembelajaran di sekolah. Pendidikan karakter tidak hanya bertujuan untuk membentuk siswa menjadi individu yang memiliki moral yang baik dan tanggung jawab sosial, tetapi juga merupakan faktor yang dapat membantu siswa menjadi pemimpin yang efektif di masa depan. Oleh karena itu, sekolah, orang tua, dan masyarakat harus memberikan perhatian yang sama pentingnya pada pendidikan karakter agar generasi masa depan dapat menjadi lebih baik.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pembukaan PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025

Pembukaan PPDB Tahun Pelajaran 2024/2025 Mengikuti jejak kesuksesan PPDB tahun lalu, SMA Kartika III-1 kembali membuka PPDB lebih awal dibanding sekolah-sekolah lainnya. Langkah ini di

10/10/2023 11:35 - Oleh Administrator - Dilihat 467 kali
Penilaian Tengah Semester Gasal 2022

Penilaian Tengah Semester (PTS) 2022 SMA Kartika III-1 Banyubiru telah dilaksanakan dengan lancar dan tertib pada tanggal 03-11 Oktober 2022. PTS Gasal 2022/2023 kali ini dilaksanakan s

04/11/2022 10:54 - Oleh Administrator - Dilihat 732 kali
Pembukaan PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024

  PPDB Tahun Pembelajaran 2023/2024 sudah dibuka. Syarat pendaftaran pada PPDB ini adalah: Fotokopi KK Fotokopi Akte Pas Foto 3x4 (2 lembar) Silakan segera daftarkan dirimu d

08/10/2022 09:31 - Oleh Administrator - Dilihat 1716 kali
Paskibra Kabupaten dari SMA Kartika III-1 Banyubiru

Seperti tahun-tahun yang lalu, SMA Kartika III-1 Banyubiru kembali terpilih menjadi paskibra kabupaten dalam upacara kemerdekaan RI. terdapat 14 siswa SMA Kartika III-1 yang terpilih. S

24/08/2022 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 686 kali
Kunjungan Pangdam IV Diponegoro

Beberapa prestasi telah diperoleh siswa SMA Kartika dalam peringatan HUT RI ke 77. Sebagai bentuk apresiasi dari Yayasan Kartika Jaya untuk sekolah, pada Rabu 24 Agustus 2022 sekolah me

24/08/2022 10:00 - Oleh Administrator - Dilihat 635 kali